sainsholic

sains now or never

Contoh Silabus dan RPP Matematika

Berikut saya berikan sebuah contoh silabus dan rpp matematika, semoga bermanfaat.

1. SILABUS dan Tabel Program


SILABUS – 01

MATA PELAJARAN       : MATEMATIKA

MATERI POKOK             : ALJABAR

WAKTU                              : 40 JAM

TAHUN PELAJARAN     : 2010 / 2011

Standar Kompetensi :

1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

KOMPETENSI DASAR

SUB-MATERI

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

PENILAIAN

SUMBER/BAHAN

1. Melakukan   Operasi Aljabar 1.a Pengertian Suku dan Suku Sejenis

 

1.b Operasi Hitung Pada Bentuk Aljabar

1. Menjelaskan pengertian suku tunggal, suku banyak dan suku-suku sejenis  

3 / RPP – 01

 

 

 

2 / RPP – 02

  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:

  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
2. Menyelesaikan operasi    tambah, kurang pada bentuk aljabar
3. Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar

 

2. Menguraikan  Bentuk Aljabar ke Dalam Faktor-Faktornya 2.a Faktorisasi Bentuk Aljabar

 

2.b Operasi Pecahan Bentuk Aljabar

4. Memfaktorkan suku bentuk aljabar  sampai dengan suku tiga  

3 / RPP – 03

 

 

2 / RPP – 04

 

 

3 / RPP – 05

  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:

  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
5. Menyederhanakan pecahan  pada bentuk aljabar
6.Menyelesaikan operasi    tambah, kurang pecahan pada bentuk aljabar
7. Menyelesaikan operasi kali, bagi pecahan dan menyederhanakan pecahan bersusun pada bentuk aljabar

 

3. Memahami Relasi Dan Fungsi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.a Relasi

 

3.b Fungsi atau Pemetaan

 

 

 

 

 

 

 

 

8. Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi  

 

 

2 / RPP – 06

 

 

 

 

3 / RPP – 07

  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain

 

 

 

 

 

 

9. Menjelaskan pengertian dari relasi dan fungsi

 

10. Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
11. Menyatakan suatu fungsi ke dalam diagram panah, diagram cartesisus dan himpunan pasangan berurutan
12. Menentukan pemetaan dari dua himpunan
4. Menentukan  Nilai Fungsi 4.a Rumus Fungsi

 

4.b Nilai Fungsi

 

4.c  Penerapan Relasi dan Fungsi

13. Menentukan nilai suatu fungsi  

2 / RPP – 08

 

3 / RPP – 09

 

 

2 / RPP – 10

  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:

  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
14. Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan fungsi diketahui
15. Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
16. Menentukan domain dan kodomain, menyatakan relasi dengan diagram panah dan menentukan jawaban berdasarkan digram panah
5. Membuat Sketsa Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Cartesisus 5.a Grafik Fungsi atau Pemetaan

 

5.b Korespondensi Satu-Satu

17. Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius  3 / RPP – 11

 

 

2 / RPP – 12

  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:

  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
18. Menggambar korespondensi satu-satu
6.  Menentukan Gradien, Persamaan dan Grafik Garis Lurus 6.a Bentuk Persamaan Garis Lurus dan Grafiknya

 

6.b Gradien atau Kemiringan

 

6.c Persamaan Garis Lurus

 

6.d Hubungan Gradien dengan  Persamaan Garis Lurus

 

6.e Penerapan Persamaan Garis Lurus

19. Mengenal pengertian persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel  

3 / RPP – 13

 

 

2 / RPP – 14

 

 

 

 

3 / RPP – 15

 

2 / RPP – 16

 

  • Tes tertulis
  • Essay
  • Kuis
Sumber:

  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain
20. Menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik pada koordinat Cartesius
21. Mengenal pengertian dan menentukan gradiaen persamaan garis lurus  pada berbagai bentuk
22. Menentukan persamaan garis melalui dua titik, melalui sebuah titik dengan gradient tertentu
23. Menentukan titik potong dua garis
24. Menggunakan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah
     

40

   

 

 

 

TABEL PROGRAM

PERTEMUAN

NOMOR KD

SUB MATERI

NOMOR RPP

NOMOR INDIKATOR

WAKTU

1

1

1.a , 1.b RPP – 01

1, 2

3 x 40’

2

1

1.b RPP – 02

3

2 x 40’

3

2

2.a RPP – 03

4

3 x 40’

4

2

2.b RPP – 04

5, 6

2 x 40’

5

2

2.b RPP – 05

7

3 x 40’

6

3

3.a, 3.b RPP – 06

8, 9

2 x 40’

7

3

3.b RPP – 07

10, 11, 12

3 x 40’

8

4

4.a, 4.b RPP – 08

13, 14

2 x 40’

9

4

4.b RPP – 09

15

3 x 40’

10

4

4.c RPP – 10

16

2 x 40’

11

5

5.a RPP – 11

17

3 x 40’

12

5

5.b RPP – 12

18

2 x 40’

13

6

6.a RPP – 13

19, 20

3 x 40’

14

6

6.b RPP – 14

21

2 x 40’

15

6

6.c, 6.d RPP – 15

22, 23

3 x 40’

16

6

6.e RPP – 16

24

2 x 40’

 

2. RPP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 01

Kode : RPP – 01

Nama Sekolah             :  SMP Wisata Sanur

Kelas                           :  VII

Semester                      :  Ganjil

Mata Pelajaran            :  Matematika

Materi Pokok              :  Faktorisasi Suku Aljabar

Sub Materi Pokok       :  1.1 Pengertian Suku dan Suku Sejenis

Jumlah Jam Pelajaran  :  3 x 40 menit

Pertemuan ke              :  1 ( ke satu)

 

  • Standar Kompetensi
  1. 1.      . Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

 

  • Kompetensi Dasar
  1. Melakukan operasi aljabar

 

  • Indikator
  1. Menjelaskan pengertian suku tunggal, suku banyak dan suku-suku sejenis
  2. Menyelesaikan operasi    tambah, kurang pada bentuk aljabar

 

  • Pengalaman Belajar
  1. Materi Ajar

 

  1. Pengertian Suku pada Bentuk Aljabar

Bentuk-bentuk seperti 4a, -5a2b, 2p + 5, 7p2 – pq, 8x – 4y + 9 dan 6x2 + 3xy – 8y disebut bentuk aljabar.

Bentuk aljabar seperti 4a dan -5a2b disebut bentuk aljabar suku tunggal.

Bentuk aljabar seperti 2p + 5dan 7p2 – pq disebut bentuk aljabar suku dua.

  1. Bentuk 2p + 5 terdiri dari dua suku, yaitu 2p dan 5.
  2. Bentuk 7p2 – pq terdiri dari dua suku, yaitu 7p2 dan pq.

Bentuk aljabar seperti 8x – 4y + 9 dan 6x2 + 3xy – 8y disebut bentuk aljabar suku tiga.

  1. Bentuk 8x – 4y + 9 terdiri dari tiga suku, yaitu 8x, -4y dan 9.
  2. Bentuk 6x2 + 3xy – 8y terdiri dari tiga suku, yaitu 6x2, 3xy dan -8y.

Bentuk aljabar yang terdiri dari beberapa suku disebut suku banyak atau polinom, misalnya:

  1. 2a – 5ab + 4c                              suku tiga
  2. P3 + 2p2 – 7p – 8                        suku empat               suku banyak
  3. 9x3 – 4x2y – 5x + 8y – 7y2        suku lima

 

  1. Operasi Hitung pada Bentuk Aljabar

Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar

Untuk menentukan hasil penjumlahan maupun hasil pengurangan pada bentuk aljabar, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut ini.

  1. Suku-suku sejenis
  2. Sifat distributive perkalian terhadap penjumlahan dan pengurangan, yaitu:

i.            ab + ac = a(b + c) atau a(b + c) = ab + ac

ii.            ab – ac = a(b – c) atau a(b – c) = ab – ac

3.  Hasil perkalian dua bilangan bulat, yaitu:

i.            Hasil perkalian dua bilangan bulat positif adalah bilangan bulat positif.

ii.            Hasil perkalian dua bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat negatif.

iii.            Hasil perkalian bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat negatif.

 

Contoh :

 

Soal:

  1. 7a + 2a – 4a = …
  2. 9a + 8b – 2b + 5a = …

 

Jawab :

  1. 7a + 2a – 4a = (7 + 2 – 4)a

= 5a

 

  1. 9a + 8b – 2b + 5a = 9a + 5a + 8b – 2b +

= (9 + 5)a + (8 – 2)b

=14a + 6b

 

 

  1. Strategi tatap muka
  • Model/Metode/Tekhnik    : Model pembelajaran kooperatif  jigsaw.
  1. Strategi non tatap muka
  • Pekerjaan Rumah

 

  • Sarana dan Sumber Belajar
  1. Sarana/perangkat
  • Silabus
  • RPP – 01

 

  1. Sumber Belajar
  • Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Referensi lain

 

  • Kegiatan Pembelajaran

TAHAP

LANGKAH PEMBELAJARAN

WAKTU

PENDAHULUAN
  1. PENGELOLAAN KELAS
  • Melakukan Absensi
  • Mengumumkan penempatan siswa dalam kelompok.
  • Meminta siswa duduk sesuai kelompok tetapi menghadap ke papan)
  • Meminta siswa membuka buku siswa pada hal 1

10’

  1. APERSEPSI
  • Mengingatkan  kembali tentang aljabar yaitu tentang suku tunggal maupun suku banyak.
  • Mensosialisasikan cara belajar dengan model pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw, khususnya dalam belajar kelompok kooperatif.

5’

KEGIATAN INTI

 

 

 

 

 

  1. EKSPLORASI
  • Mensosialisasi kompetensi dasar/tujuan/indicator
  • Menyampaikan pokok-pokok materi inti yaitu tentang Faktorisasi Suku Aljabar yang beerhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

3’

  1. KONSOLIDASI
  • Meminta siswa duduk melingkar sesuai kelompoknya.
  • Menjelaskan konsep/sifat/rumus pertama dengan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dibantu media Adinawan, M. Cholik. Sugijono , 2006. Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII, Jakarta.
  • Memberikan contoh soal kepada siswa, dilanjutkan dengan  menjelaskan cara mengerjakannya.
  • Guru berkeliling dan membimbing setiap kelompok dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
  • Membimbing dan memotivasi siswa belajar dengan kerja kelompok kooperatif (sesuai dengan strategi yang dipilih)
  • Melakukan diskusi kelas, bersama siswa membahas kesulitan setelah mengerjakan soal-soal.
 

 

75’

  1. PEMBENTUKAN
  • Menanamkan nilai yang terkandung dalam materi ajar untuk membentuk life skill.
 

5’

PENUTUP

 

 

  1. Memberikan tugas/PR yang harus dikerjakan oleh siswa di rumah yaitu soal pada buku siswa halaman 7 latihan 1 no 1a, 1b, 1c, 2a, 2d, 2f, 3a, 3c, 3e, 4a, 4d, 5b, 5d, 5e, 6a dan 6b.
 

15’

  1. Memberikan postes berupa soal atau pertanyaan

7’

 

 

 

  • EVALUASI

POSTES

  1. Jenis Tagihan                 : kuis 01
  2. Bentuk Instrumen          : essay
  3. Waktu                            : 7 menit
  4. Instrument                     :

No

Item

No

Indikator

Soal

Kunci

1

1, 2

  1. Sederhanakan bentuk berikut :

9x2 + 3xy – 8y2 – 10x2 + 5xy + y2

  1.  9x2 + 3xy – 8y2 – 10x2 + 5xy + y2

= 9x2 – 10x+ 3xy + 5xy – 8y2 + y2

= -x2 + 8xy – 7y2

2

1, 2

  1. Tentukan jumlah dari :

12x2 – 9x + 6 dan -7x2 + 8x – 14

  1. (12x2 – 9x + 6) + (-7x2 + 8x – 14)

= 12x2 – 9x + 6 -7x2 + 8x – 14

=12x2 – 7x2 – 9x  + 8x + 6 – 14

= 5x2 – x – 8

3

1, 2

  1. Kurangkan dan sederhanakanlah hasil pengurangan dari :

-4(2x + 3) dari -5(x – 2)

  1. -5(x – 2) – {-4(2x + 3)}

= -5x + 10 – (-8x – 12)

= -5x + 10 + 8x + 12

= -5x + 8x + 10 +12

= 3x + 22

 

About these ads

2 responses to “Contoh Silabus dan RPP Matematika

  1. ariparwata January 6, 2012 at 15:40

    silahkan di komentari
    komentar anda sangat bermanfaat bagi saya..

  2. Pingback: Program Semester « sainsholic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: